Dewa Guntur Menikah

Putra Odin dan Jord, dewi bumi. Thor adalah yang terkuat dari Æsir, nama kolektif untuk balapan kepala dewa Norse, mereka yang tinggal di Asgard, dan dengan All-Bapa Odin, memerintah kehidupan manusia fana. Dikenal sebagai dewa guntur, aula nya Bilskirnir, yang terletak di wilayah Thrudheim (“tempat kekuasaan”). Thor menikah dengan emas berambut Sif, seorang Dewi kesuburan. Dia menyimpan gundik bernama Jarnsaxa (yang “besi pedang pendek”), dengan siapa ia memiliki dua putra, Magni dan Modi dan anak perempuannya yang Thrud.

Thor biasanya digambarkan sebagai seorang pria besar, kuat dengan janggut merah, rambut mengalir, kenikmatan hangat dari makanan dan minuman dan mata dari pencahayaan. Meskipun penampilannya ganas, ia sangat populer sebagai pelindung kedua dewa dan manusia melawan kekuatan jahat. Dia bahkan melampaui ayahnya Odin dalam popularitas karena, bertentangan dengan Odin, ia tidak memerlukan pengorbanan manusia. Dalam kuil di Uppsala ia ditampilkan berdiri dengan Odin di sisi kanannya. Abad ke-11 misionaris Kristen Adam dari Bremen, pada mencatat kuil besar para dewa di Uppsala, Swedia, menulis, “Thor, mereka berkata, memimpin melalui udara, ia mengatur guntur dan kilat, angin dan hujan, cuaca yang adil dan tanaman … Jika wabah dan kelaparan mengancam, persembahan anggur kpd dewa yang dituangkan ke Thor berhala. ” Candi ini digantikan oleh sebuah gereja Kristen di 1080.

Thor - Vallejo

Norse percaya bahwa selama badai, Thor berkuda melewati langit di atas keretanya ditarik oleh Tanngrisni kambing (“celah-gigi”) dan Tanngnost (“penggiling gigi”). Petir menyambar setiap kali ia melemparkan Mjollnir palu. Mjollnir (“yang menghancurkan”) dibuat untuk dia oleh dwarf Brok dan Eitri, yang membuat benda-benda magis banyak untuk para dewa. Thor memakai Megingjard sabuk yang menggandakan kekuatannya sudah cukup. Musuh-Nya yang terbesar adalah Jormungand, Ular Midgard. Pada hari Ragnarok, Thor akan membunuh ular ini, tetapi akan mati dari racunnya. Anak-anaknya akan mewarisi palu setelah kematiannya. Ragnarok (“Doom para Dewa”), juga disebut Gotterdammerung, berarti akhir kosmos dalam mitologi Norse.

Thor sangat terkenal karena emosinya cepat dan panas. Ini sering dibuang pada raksasa, musuh utama para dewa. Thor akan menghancurkan kepala mereka dengan Mjollnir palu yang dahsyat. Untuk memegang senjata ini mengagumkan ia membutuhkan sarung tangan besi dan sabuk kekuatan. Mjollnir akan kembali ke tangan Thor setelah dilempar dan merupakan simbol dari petir.

Thor adalah terutama para dewa untuk orang biasa, yang akan memanggil dia untuk memastikan kesuburan, dan banyak disembah. Hammer jimat berbentuk simbol Thor karena senjatanya, dikenakan sekitar leher baik ke Kristenisasi Skandinavia. Ada cetakan dari waktu yang mengandung kedua lintas dan bentuk palu, berdampingan. Namanya terjadi pada nama tempat banyak, dan itu patungnya yang sentral dalam kuil besar di Uppsala. Dia dikaitkan oleh orang Romawi dengan Jupiter. Donar adalah versi awal Thor antara Jerman awal. Anglo-Saxon menyembah dewa guntur bernama Thunor.

Thor telah hidup, bukan sebagai bagian dari agama apapun, tetapi pada kalender mingguan kami. Kamis (Hari Thor) berasal dari dewa yang perkasa.

Thor adalah bingung ketika saat bangun suatu pagi ia menemukan bahwa Mjolnir palu yang dahsyat hilang. Kepala berbulu-Nya dan janggutnya bergetar saat ia, anak sulung dari ibu-Bumi mencapai sekitar untuk itu.

Kata-kata pertama adalah: “Loki, dengarkan aku aku telah mengalami kerugian luar persepsi palu saya telah dicuri!.!”

Mereka bergegas ke rumah Freyja, dan dia berkata: “Freyja, akan Anda meminjamkan Anda bulu-jubah sehingga saya dapat menemukan dan mengambil palu saya”

Freyja mengatakan: “Saya akan memberikannya kepada Anda, bahkan jika itu terbuat dari emas atau perak.”

Loki kemudian terbang, dengan bulu berputar, dari rumah dari Æsir ke negeri para raksasa.

Thrym, Raja Thurse itu, [Thurse ini adalah ras raksasa] duduk di gundukan, pleating halters emas bagi anjing dan merapikan surai kuda-nya.

Thrym berkata: “Bagaimana Æsir, dan bagaimana adalah alfs, dan apa yang membawamu ke negeri para raksasa?”

Loki berkata: “Ini tidak baik dengan Æsir, atau dengan alfs Apakah Anda adalah orang yang menyembunyikan palu Thor?.”

Thrym berkata: “Ya, saya menyembunyikan palu Thor delapan liga penuh di bawah tanah Dan tidak ada yang bisa mendapatkannya dari saya kecuali ia membawa Freyja sini untuk menjadi pengantin saya..”

Loki kemudian terbang, dengan bulu berputar, dari rumah raksasa ke tanah Æsir. Thor bertemu dengannya di halaman tengah, dan dia berkata:

Apa Kabar baiknya Anda harus melaporkan? Apakah usaha Anda telah dihargai? Katakan padaku, bahkan sebelum Anda cahaya, apa yang Anda pelajari. Seseorang duduk sering pelupa, dan orang yang berbohong terletak. [The bermain di dua makna dari “berbohong” juga ada dalam bahasa aslinya]

Loki berkata: “Usaha saya telah dihargai Thrym, Raja Thurse, memiliki palu Tapi tidak ada yang bisa mendapatkannya dari dia kecuali ia membawa dia Freyja untuk menjadi istrinya…”

Mereka bergegas ke rumah Freyja, dan Thor berkata: “. Freyja, berdandan diri Anda dalam linen pengantin Kami berdua akan tanah raksasa”

Freyja marah dan berbusa karena marah. Ruang seluruh gemetar amarah. Kalung dari Brisings [Kalung dari Brisings juga disebutkan dalam Beowulf] pecah. Dia berkata: “Saya harus menjadi orang-paling gila dari semua untuk pergi dengan Anda ke negeri para raksasa.”

Semua para dewa dan dewi dari Æsir segera dirakit di Hal yang mendiskusikan bagaimana mereka bisa mengambil palu Thor.

Heimdall, yang paling adil dari para dewa dan salah satu Vanir kenabian, meramalkan masa depan:

“Kita akan berpakaian Thor di linen pengantin, dan menghiasi dia dengan kalung dari Brisings Biarkan dia memakai pakaian wanita dengan seikat kunci ibu rumah tangga menggantung tentang dia dan dengan perhiasan pengantin di dadanya dan di kepalanya..”

Thor, dewa perkasa, mengatakan, “Æsir akan menelepon saya pengecut dan kewanita-wanitaan jika saya membiarkan diri saya mengenakan kain pengantin.”

Kemudian Loki, anak Laufey, mengatakan: “Simpan kata-kata Anda, Thor Raksasa akan segera mengambil alih Asgard jika Anda tidak mengambil palu Anda dari mereka..”

Jadi mereka berpakaian Thor dalam pakaian perempuan dan linen pengantin dan menghiasi dia dengan kalung dari Brisings, dengan seikat kunci tergantung ibu rumah tangga tentang dia dan dengan perhiasan pengantin di dadanya dan di kepalanya.

Kemudian Loki, anak Laufey, mengatakan: “Aku akan menjadi gadis pembantu Anda, dan kami berdua akan pergi ke negeri para raksasa.”

Kambing-kambing itu didorong rumah dan diikat dengan tali untuk berjalan dengan mereka. Gunung-gunung meledak dan bumi masuk ke api sebagai anak Odin melaju ke negeri para raksasa.

Kemudian Thrym, Raja Thurse, berkata: “Berdirilah, Anda raksasa, dan menutupi bangku Bawalah saya Freyja, putri dari Njord Noatun, menjadi istriku!”

Di halaman saya, saya memiliki sapi dengan tanduk emas, lembu hitam murni, segala sesuatu raksasa inginkan, saya memiliki kekayaan dan harta; Freyja saja semua yang saya miliki.

Malam itu mereka membawa ale ke meja raksasa, dan suami Sif yang makan seekor lembu seluruh, delapan ikan salmon, dan semua makanan yang dipanggang yang mereka bawa untuk wanita, dan kemudian ia minum tiga ukuran mead.

Kemudian Thrym, Raja Thurse itu, mengatakan: “Apakah Anda pernah melihat pengantin menggigit lebih tajam Aku belum pernah melihat pengantin menggigit lebih luas lagi, aku juga belum pernah melihat gadis minum lebih mead.?”

Para gadis dengan cepat menanggapi kata-kata raksasa itu: “Freyja begitu bersemangat menunggu tanah raksasa yang dia makan apa-apa untuk delapan malam penuh!”

Dia mengintip di balik kerudungnya, ingin menciumnya, tapi kemudian melompat ke belakang aula dengan terikat tunggal. “Mengapa mata Freyja begitu mengerikan? Mereka tampaknya akan bersinar dengan api!”

Para gadis dengan cepat menanggapi kata-kata raksasa itu: “Freyja begitu bersemangat menunggu tanah raksasa bahwa dia tidak tidur selama delapan malam penuh.”

Kakak miskin raksasa itu masuk dan memohon untuk hadiah pengantin: “. Jika Anda ingin persahabatan dan kasih, maka tolong beri saya yang merah-emas cincin dari lengan Anda”

Kemudian Thrym, Raja Thurse, berkata, “Bawa palu sehingga kita dapat menguduskan pengantin wanita. Lay Mjolnir di pangkuannya, dari tangan var [Var adalah dewi yang mendengar dan melaksanakan sumpah dan kontrak], dan biarkan kita dikuduskan sebagai pasangan.

Hlórithi itu [Hlórithi adalah nama lain untuk Thor] hati tertawa dalam dirinya ketika ia melihat palu. Pertama dia memukul Thrym, Raja Thurse, lalu ia membunuh seluruh keluarga raksasa.

Dia juga membunuh adik miskin raksasa yang memohon untuk hadiah pengantin. Daripada shilling ia menerima pukulan dan bukan cincin, palu memukul. Dan dengan demikian anak Odin diambil palu.

1 responses to “Dewa Guntur Menikah

Tinggalkan komentar